Desanta Academy Gelar Webinar Series #2 : Soft Skill for Jobseeker

SERANG, Setelah sukses dengan pelaksanaan Webinar Series #1, Desanta kembali menggelar event Webinar dengan mengambil tema, Soft Skill for Jobseeker. (24/04/2024). Webinar Seris #2 mengahdirkan narasumber Elis Badariah, SE, MM yang sehari-hari berprofesi sebagai Dosen Tetap di Universitas Primagraha Serang, dan dipandu oleh Host Erlina Sari Pohan, SE., M.Ak yang juga berprofesi sebagai Dosen di Universitas Al Khairiyah Cilegon.

Dalam sambutannya Direktur Desanta Academy, Achmad Rozi El Eroy menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber, moderator dan peserta yang sudah berkenan memenuhi undangan kami untuk mengikuti kegiatan Webinar Series yang dilaksanakan oleh Desanta Academy.

“Proyeksi kedepannya, Desanta Academy akan secara regular menghadirkan event-event webinar, workshop ataupun training yang mengangkat tema-tema tentang pengembangan soft skill.” Ucap Rozi yang juga menjabat sebagai Founder Desanta Muliavisitama.

“Sebagai sebuah entitas akademik, kami memiliki kewajiban moral untuk membei dan berkontribusi bagi peningkatan budaya akademik yang sehat dan produktif. Melalui Webinar-webinar yang kami laksanakan diharapkan dapat memantik semangat mahasiswa atau generasi muda untuk kreatif.” Rozi menambahkan.

Erlina Sari Pohan dalam pengantar Webinar mengapresiasi kegiatan Webinar yang dilaksanakan oleh Desanta Academy. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting diikuti oleh mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan keteramnpilan yang dibutuhkan oleh pasar kerja nantinya.

Dalam pemaparan materinya, Elis Badariah menyoroti masalah Startegy dalam Soft Skill. “Mengutip The Balance Careers, Soft Skill adalah kemampuan komunikasi, karakteristik seseorang, kecerdasan sosial yang melekat, serta kemampuan beradaptasi dengan baik di dalam kehidupan maupun dunia kerja.” Ujar Elis Badariah dalam pemaparan awalnya.

Lebih lanjut dikatakan, “soft skill adalah sebuah kemampuan seseorang yang diperoleh dari lingkungan dan aktivitas sehari-hari, maka apabila seseorang dalam aktivitas melakukan hal yang positif dan membangun dalam suatu lingkungan hal itu menunjukkan seseorang tersebut memiliki soft skill yang baik.”

Elis juga menambahkan, “Jadikan Kuliah sebagai Investasi, dan ingatlah bahwa Soft skills dapat dilatih sejak sebelum lulus kuliah. Dan Untuk mengasah soft skills, seimbangkan aktivitas akademik & non akademik, serta Jangan hanya lulus dengan gelar saja.” Pungkasnya.

Sementara itu dalam sesi sharing session, salah seorang peserta Linda Mulyawati  yang juga menjabat sebagai Manager IC Education ikut memberikan pandangan.

Dikatakan oleh Linda, sebagai pengguna lulusan kami masih sulit menemukan yang sesuai dengan kriteria yang sudah menjadi standar perusahaan, karena banyak fress graduate yang hanya mengandalkan modal ijazah dan kurang nya soft skill yang dimiliki, banyak hal yang tidak didapatkan di bangku kuliah dan sebagai mahasiswa sebuah keniscayaan untuk meningkatkan kualitas diri

“Sekarang bukan hanya anda lulusan mana, tapi yang penting anda bisa apa? Jangan menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang- kuliah pulang) aktif dan berperan serta dalam berbagai organisasi internal maupun eksternal bagian dari melatih dan mengasah sofskill yang dimiliki.” pungkasnya.

X